ADS

Dasar Wordpress - Menu POSTS

Pada Wordpres secara default sudah tertanam fitur untuk membuat post atau lebih tepatnya Content. Pada Post anda bisa membuat konten baik itu Text, Gambar, maupun Video. Semua ini bisa anda lakukan berkat fitur Editor yang bisa anda gunakan saat membuat konten di halaman post.

A. Sub-Menu Posts

Ada 4 sub-menu yang bisa dijelajahi pada fitur Posts. yaitu:

  1. All Posts
  2. Add New
  3. Categories
  4.  Tags

Penjelasan Sub-Menu

1. All Posts

Pada halaman ini anda akan melihat semua post atau konten yang sudah anda buat. Baik yang sudah di Publish, Draft, atau yang anda delete. Daftar ditampilkan dengan "List View" yang memuat judul konten, Author, Kategori, Tags, Jumlah Komentar pada konten, dan tanggal Publish.

Selain itu terdapat tombol untuk memfilter daftar konten jika anda punya cukup banyak konten. Akan sulit jika anda melihatnya satu persatu jika anda punya banyak konten. 

Untuk melakukannya ada tombol filter yang bisa anda klik untuk memfilter atau memilah konten yang mau anda lihat. Dan sebelum menekan tombol tersebut anda harus memilih kategori konten anda.

Kemudian jika anda ingin menghapus konten yang anda buat, anda bisa conteng pada kotak conteng disamping judul konten, kemudian pilih "Action" pada bagian atas, kemudian tekan tombol Apply.

2. Add New

Pada halaman inilah anda akan membuat konten. Dengan menggunakan Editor HTML, anda bisa membuat jenis konten apapun. Pembahasan ini akan dibahas lebih detil pada bagian "MEMBUAT POST/KONTEN"

3. Categories

Disini anda membuat suatu kategori, dimana kategori-kategori yang anda buat bisa digunakan untuk menandai post atau konten anda. Misalnya anda ingin membuat konten tentang Politik, maka anda bisa memberik kategori konten anda dengan Politik.

Kategori sangat memudahkan pembaca yang ingin mencari konten dengan topik tertentu. Pembaca hanya cukup mengklik tautan atau link Politik misalnya, dan semua konten dengan topik Poitik akan muncul semua.

Membuat Kategori

Untuk membuat kategori, anda cukup masukkan saja nama kategori pada filed "Name", kemudian tekan enter, atau menekan tombol "Add New Category". Secara otomatis kategori yang dibuat akan muncul pada daftar dibagian samping kanan.

Jika anda ingin memasukkan deskripsi kategori, anda bisa memasukkannya pada kotak deskripsi. Tulis deskripsi singkat tentang kategori tersebut

Anda bisa membuat sub-category. Misalnya kategori utama (Parent) adalah Teknologi, kemudian sub-categorynya adalah Gadget, maka pada filed "Parent" anda pilih kategori yang mau dijadikan kategori utama saat anda membuat kategori. Kemudian enter. Otomatis kategori Gadget yang anda buat menjadi Sub-Category di kategori utama Teknologi.

4. Tags

Tags sama fungsinya dengan Categories. Hanya saja disini anda tidak bisa membuat sub-categories. 

Tags biasanya digunakan untuk menandai suatu topik. Misalnya konten anda diberi topik atau kategori SAMBEL. Kemudian jenis-jenis sambel itu macam-macam, ada yang pedas, ada yang biasa, dan ada yang untuk ayam goreng saja misalnya. Kebetulan anda membuat konten Sambel rasa pedas untuk Ayam Goreng. Maka anda bisa buat tag-tagnya seperti: Ayam, Pedas, Ayam Pedas, dan lain sebagainya.

B. MEMBUAT POST/KONTEN

Untuk mulai membuat konten, cukup pergi menuju kehalaman Add New disamping kanan. Setelah anda masuk, anda akan melihat beberapa form yang bisa anda isi untuk membuat konten anda

1. Form Title

Disini anda bisa memasukkan judul konten anda

2. Form Editor

Disini anda bisa memasukkan berbagai macam media untuk konten anda. Seperti text, Gambar, dan Video.

a. HTML Editor

Saya yakin anda pasti familiar dengan text editor, jika anda sering menggunaan software pengolah kata seperti Ms. Word, maka anda tidak akan asing dengan simbol-simbol rata kanan, kiri, tengah, Bold, Italic, dan lainnya. Inilah yang disebut dengan Editor HTML.

wordpress html editor

Dengan Editor HTML ini, anda bisa memformat text untuk konten anda. Seperti memberi Link, Memberi Warna, Membuat Quote, dan lain sebagainya.

b. Add Media

Jika anda perhatikan diatas Editor HTML, ada tombol "Add Media", disini fungsnya adalah untuk memasukkan gambar atau video ke konten anda. 

Jika anda klik anda akan dibawa kehalaman yang mana anda bisa upload gambar dan video disana, atau jika anda sudah upload sebelumnya, maka anda bisa pilh di Tab "Media Library"

3. Categories Box

Disamping kanan anda akan melihat kotak Categories. Semua kategori yang sudah anda buat tadi di Sub-menu categories akan muncul disini. Dan anda bisa pilih kategori tersebut untuk konten yang anda buat. 

Jika anda sebelumnya belum sempat membuat kategori, maka anda bisa membuat kategori langsung saat anda membuat konten. Caranya dengan mengklik tombo "+Add New Category". Kemudian masukkan Kategorinya dan klik enter.

Kategori Wordpress box

4. Tags Box

Kemudian dibawah categories Box, anda bisa melihat tags box. Anda cukup memasukkan kata-kata untuk dijadikan Tags. Cukup masukkan saja pada form dan klik Add atau Enter. 

5. Publish Box

Jika anda sudah selesai membuat konten maka anda bisa langsung mempublishnya dengan mengklik tombol "Publish" Disamping kanan, atau jika sebagai draft maka tekan tombol "Save Draft". Atau kalau mau liat dulu konten yang anda buat sebelum dipublish, maka tekan tombol "Preview"


Demikian penjelasan singkat mengenai Menu POSTS pada Wordpress. Pada kesempatan lain kita akan membahas lebih banyak fitur-fitur pada Wordpress.