ADS

IonicFramework, Mudah & Cepat Membuat Aplikasi Mobile

Ionic Framework merupakan Framework atau Kerangka dasar sebuah struktur dalam pembuatan Aplikasi Mobile baik Android, iOS, dan Windows. Dengan Framework ini anda bisa dengan mudah membuat Aplikasi Mobile hanya dengan pengetahuan Programman Web dasar seperti CSS, HTML dan Javascript (ES6) tanpa harus membuat dari awal, sehingga pengembangan aplikasi cukup cepat.

Ada banyak sebenarnya Framework lain yang juga sama-sama menggunakan programman Web sebagai dasar pembuatannya contohnya Framework NativeScript, ReactNative, Framework 7, Onsen UI, dan lainnya. Namun Ionic Framework cukup populer digunakan oleh banyak Developer.

IonicFramework menggunakan Javascript sebagai basis programmannya Khususnya pada update terbaru Javascript yaitu ES6 (Ecma Script). Saya belum bisa banyak menceritakan tentang Ecma Script ini, karena pengetahuan saya sangat terbatas.

Selanjutnya selain Javascript IonicFramework juga berbasi AngularJS. Angular JS ini merupakan Framework Javascript dalam pembuatan WebApps (lagi-lagi framework, hehehe). Jadi Diatas Framework ada Framework lagi.

Ionic Framework ini sanat bergantung pada Angular JS sebagai Core-nya atau pusatnya komando (Istilah saya) dalam Menavigasi dan juga dalam Logikanya. Karena memang Ionic ini dibuat berdasarkan Angular JS mulai dari Versi 1 sampai Versi 2.

ANGULAR JS

Sedikit saya singgung diatas mengenai Angular JS, dimana Ionic ini berbasi Framework Angular JS.

Nah, Angular JS sendiri juga sudah sampai Versi 2 dimana dalam versi Beta. Sangat disarankan anda belajar Angular JS 2 terlebih dahulu dalam belajar Ionic, karena antara Angular 1 dan Angular 2 memiliki konsep yang sangat berbeda. Jadi Angular 2 ini dibuat berbeda sekali dari Angular 1.

Apa hubungannya dengan Ionic?

Sama, dimana Ionic versi 1 dan Ionic Versi 2 jauh berbeda konsep codingnya. Jadi disarankan untuk saat ini, dimulai dari anda membaca artikel ini, anda disarankan hanya menggunakan Ionic versi 2 dan Belajar Angular JS versi 2 keatas.

Developer Angular JS sedang mengembangkan Framework Angular untuk lebih stabil dan juga lebih tangguh dalam Performa. Sehingga konsep Angular JS 2 berbeda dari versi 1

SOFTWARE YANG DIBUTUHKAN

Karena Ionic ini menggunakan Framework Angular JS sebagai dasarynya, maka anda harus install AngularJS di Project anda. Namun jangan khawatir, karena Ionic sudah menyiapkannya langsung saat anda install.

Nah, untuk membuat Aplikasi dengan Ionic, ada software-software wajib yang harus anda install.

1. NodeJS

Node js ini harus anda install karena Ionic menggunakan NodeJS untuk servernya (Istilah saya). Kemudian baru anda bisa menginstall Ionic dengan fitur NPM Semacam CMD pada windows istilah kerennya yaitu Comman Line Interface (CLI).

Jadi jangan berpikir anda bisa membuat aplikasi dengan visual tinggal drag dan drop sana sini. Jadi anda benar-benar menggunakan CLI untuk segala aktifitas, sehingga anda harus mengerikkan command-command pada CLI.

2. TypeScript

Setelah NodeJS selesai diinstall, sekarang install TypeScript. Saya sadur dari Codepolitan tentang apa itu TypeScript

Typescript adalah bahasa pemrograman berbasis JavaScript yang menambahkan fitur strong-typing & konsep pemrograman OOP klasik ( class, interface). Di dalam dokumentasinya, TypeScript disebut sebagai super-set dari JavaScript, artinya semua kode JavaScript adalah kode TypeScript juga.

3. Cordova

Software lain yang perlu anda install adalah Cordova. Cordova ini adalah juga Framework untuk membangun aplikasi mobile. Jadi sekali lagi ada FRAMEWORK diatas FRAMEWORK. Saat anda mengginstall Cordova anda langsung bisa menginstall Ionic langsung dengan megetikkan Command ini pada CLI atau CMD anda

npm install -g cordova ionic

MEMBUAT PROJECT

Nah setelah semua software wajib diinstall, maka anda sudah bisa memulai membuat Aplikasi android anda dengan Ionic.

Untuk memulainya anda bisa mulai dengan membuat Folder Projectnya dengan Command:

ionic start --v2 namaaplikasi
Note: Ingat untuk menambahkan "--v2", karena command tersebut akan mendownload project Ionic versi 2 dari Github.

Kalau sudah tinggal pergi ke folder "namaaplikasi" anda dengan command "cd"

cd namaaplikasi

Kalau sudah didalam folder project, ketikkan Command:

ionic serve

Selesai, tunggu hingga server dinyalakan dan Browser otomatis akan membuka aplikasi anda dengan link http://localhost:8100

Note: Jika anda punya software seperti Xampp atau software server php lain, maka anda harus matikan dulu, supaya tidak bentrok dengan Server Ionic.

PENUTUP

Ionic merupakan satu dari banyak Framework yang bisa digunakan untuk membuat Aplikasi Mobile dengan mudah dan cepat. Jika anda punya pengetahuan Programman Web dasar seperti yang saya sebut diatas, maka anda bisa mulai buat Aplikasi Mobile tanpa harus belajar Android Java, dan programman lain.

Oya saya hampir lupa memberi tahu, bahwa Framework ini juga punya kekurangan dibandingkan dengan Aplikasi Native (Aplikasi langsung dengan SDK android, tanpa dari programman WEB, Pake JAVA biasanya), yaitu dalam Hal Performa. Banyak saya temukan diforum-forum bahwa Performanya jauh dengan yang Aplikasi Native (Aplikasi Beneran dengan SDK). Jadi ya wajar saja, karena teknologi ini masih baru. hehehe.

Demikian hal yang bisa saya sampaikan untuk Ionic Framework ini. Ada banyak yang belum saya ketahui mengenai Framework ini, namun saya mau memperdalaminya untuk bisa membuat Aplikasi Mobile. Karena perkembangan Zaman akan membawa kita kedalam dunia MOBILE.